.jqueryslidemenu{ font: bold 12px Verdana; background: #414141; width: 100%; } .jqueryslidemenu ul{ margin: 0; padding: 0; list-style-type: none; } /*Top level list items*/ .jqueryslidemenu ul li{ position: relative; display: inline; float: left; } /*Top level menu link items style*/ .jqueryslidemenu ul li a{ display: block; background: #414141; /*background of tabs (default state)*/ color: white; padding: 8px 10px; border-right: 1px solid #778; color: #2d2b2b; text-decoration: none; } * html .jqueryslidemenu ul li a{ /*IE6 hack to get sub menu links to behave correctly*/ display: inline-block; } .jqueryslidemenu ul li a:link, .jqueryslidemenu ul li a:visited{ color: white; } .jqueryslidemenu ul li a:hover{ background: black; /*tab link background during hover state*/ color: white; } /*1st sub level menu*/ .jqueryslidemenu ul li ul{ position: absolute; left: 0; display: block; visibility: hidden; } /*Sub level menu list items (undo style from Top level List Items)*/ .jqueryslidemenu ul li ul li{ display: list-item; float: none; } /*All subsequent sub menu levels vertical offset after 1st level sub menu */ .jqueryslidemenu ul li ul li ul{ top: 0; } /* Sub level menu links style */ .jqueryslidemenu ul li ul li a{ font: normal 13px Verdana; width: 160px; /*width of sub menus*/ padding: 5px; margin: 0; border-top-width: 0; border-bottom: 1px solid gray; } .jqueryslidemenuz ul li ul li a:hover{ /*sub menus hover style*/ background: #eff9ff; color: black; } /* ######### CSS classes applied to down and right arrow images ######### */ .downarrowclass{ position: absolute; top: 12px; right: 7px; } .rightarrowclass{ position: absolute; top: 6px; right: 5px; }

Rabu, 20 Februari 2008

Autocad, Menggambar Mesin dengan Autocad (2)

Kali ini akan kita pelajari cara menggambar langsung dengan cara membuka program Autocad dan membuat gambar benda kerja.
Pertama, anda harus sudah menginstal software Autocad, untuk komputer dengan sistem operasi Windows 98 bisa menggunakan Autocad 2000, adapun yang berbasis Windows XP menggunakan Autocad 2002 keatas. Proses Insatalasinya mudah saja, tinggal ikuti perintah yang ada pada saat instal dan memasukkan serial number dan cdkey yang disertakan pada CD Masternya. Tunggu sampai proses Instalasasi Autocad selesai.
Untuk kali ini akan kita bahas dan kita gunakan
program Autocad 2002.
Kedua, buka program Autocad dengan cara yang sama seperti program lain, bisa dari klik icon pada desktop - enter, bisa dari start - program - Autocad 2002 . Setelah itu akan muncul layar Autocad, disana akan muncul toolbar dan command standar dari windows. Dibagian bawah akan muncul cendela layar yang bertuliskan model, layout1, layout2, dimana layar itu dapt digunakan sebagai mana mestinya. Layar model adalah layar untuk menggambar dan muat ratusan bahkan riobuan gambar. Adapun layout1 dan layout2 dan seterusnya merupakan layar untuk seting gambar yang siap untuk dicetak dan dilengkapi etiket judul gambar dansebaginya.
Ketiga, untuk menggambar disana ada tool draw yang isinya antara lain,
  • line : un tuk membuat garis lurus
  • construction line : untuk membuat garis bantu / konstruksi
  • rectangle : untuk membuat kotak otomatis
  • circle : membuat lingkaran
  • arc : membuat garis busur, dsb.
Contoh membuat garis dengan ukuran 25 mendatar kekanan, dapat dibuat dengan urutan langkah sbb :
  1. klik line
  2. klik start point (titik awal) pada layar
  3. ketikan "@25,0 (@ menunjukkan inkrimental, 25 = nilai x dan 0 = nilai y
  4. enter
Selanjutnya anda dapat mengecek dengan memberi ukuran pada gambar tersebut, cara sebagai berikut :
  1. klik dimension
  2. pilih linear - klik
  3. klik ujung 1 kemudian ujung 2
  4. tarik kursor ke posisi lain (kanan, kiri atas atau kebawah) - klik
Anda juga dapat mewarnai garis ukur agar berbeda dengan garis gambar dengan cara sbb :
  1. klik garis yang akn diganti warna
  2. klik pada tooolbar colorcontrol
  3. pilih warna yang dikehendaki - klik
  4. akhiri dengan esc (untuk menetralkan blok)
Selanjutnya anda dapat mencoba membuat gambar lain dengan ketentuan sebagai berikut :
bahwa untuk membuat garis lurus mendatar dan horisontal mengikuti pola sumbu koordinat dan sistem inkrimental. Pola koordinat artinya memperhatikan titik pada koordinat x,y dimana bila ke kanan dan ke atas bernilai positif dan bila ke kiri dan ke bawah bernilai negatif. Dan inkrimental berarti titik awal garis (start point) selalu berpindah ke akhir ujung garis sebelumnya. Inkrimnetal di tandai dengan lambang "@", jadi untuk membuat kotak dengan ukuran panjang 40 dan tinggi 30 dapat dibuat dengan isian inkrimental sbb :
  1. klik line
  2. klik startpoint
  3. ketik @40,0 - enter
  4. ketik @0,-30 - enter
  5. ketik @-40,0 - enter
  6. ketik @0,30 - enter (atau langsung geser kursor ke ujung garis pertama - klik)
  7. selesai
Demikian saja dulu untuk latihan menggambar garis pada episode kali ini, masih banyak episode selanjutnya untuk pembahasan lebih detail.
>>> Bersambung

1 komentar:

coconut mengatakan...

Tutorial yang bagus untuk orang awam seperti saya. Ditunggu episode sambungannya pak..